CURCOL UNTUK SANG BAPAK

 

Image

 

 

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh:-)

bismillahirrohmanirrohiim

 

Merespon artikel dari seorang sahabat yang men-tag saya dengan note nya yang berjudul “SECARIK JENAK DARI NEGERI WAHYU’ . note ini ditujukan untuk seorang pemimpin dimana saya juga tercatat sebagai salah satu warga negara nya (alhamdulillah J),setelah saya baca dengan seksama,hati kecil saya berkata “why not?exploring what is in our mind is not a crime at all,it doesnt mean also that we judge them with all our opinion.isn’t it?? So .. i decide to write it on,and hoping this letter can represent what is in my soul that i can’t say and show J”

 

Bapak Presiden Yang disayang ALLAH..                                                                                   

Sebelumnya ijinkan saya untuk memperkenalkan diri sebelum saya mulai bercuap cuap di atas keyboard ini.

Sebutlah saya dengan ‘D.I.A.M” ,saya adalah seorang staff paramedis yang bekerja di sebuah Rumah Sakit Pemerintah Saudi Arabia dalam jangka waktu yang lumayan lama (menginjak tahun ke-5 adalah waktu yang luar biasa lama bagi saya dan keluarga).mengapa saya mengambil kata “DIAM” sebagai nama saya dalam surat curhat yang ditujukan untuk Bapak?apakah ‘takut’ sebagai penyebabnya?ataukah ‘malu’ telah hadir dalam hati saya dan berbisik “siapa lo?berani komentar tentang negeri padahal lo pribadi juga ga up to date sama sekali tentang kabar dari negeri yang lo cintai??”

 

‘TIDAK pak! “          

Tidak ada sedikitpun kata takut dan malu dalam kamus saya untuk mengungkapkan hal ini pada Bapak.

“DIAM” telah menjadi bagian dari jiwa saya yang banyak menyimpan pertanyaan tentang kondisi negeri yang saya cintai,”DIAM” telah mewakili hati saya ketika debat dan ribuan tanya hadir memenuhi isi pikiran yang bahkan saya tidak tahu dengan siapa saya harus berbagi?”DIAM” telah menjadi protes terbesar dalam diri saya yang terkadang menuntut saya untuk menjadi “lebih berani” dan “vokal” terhadap apa yang terjadi.tapi…lagi lagi suara kecil dari kejauhan bertanya pada diri ini,”apa yang bisa saya lakukan?kecuali memantau dan berpikir,bertanya dalam hati “kapan ada kesempatan untuk ungkap segala apa yang saya pendam selama ini??’

 

Bapak Presiden yang di sayang ALLAH..

 

Terpilih menjadi presiden Indonesia untuk yang kedua kalinya adalah juga hal yang luar biasa,sesuatu yang menandakan bahwa kami,warga negara indonesia masih percaya pada Bapak,masih menaruh harapan akan adanya perubahan,walau kami tidak bisa terus bertanya “kapankah perubahan itu akan datang??” kami memilih anda Bukan sekedar karena kegagahan, bukankarena kegantengan, bukan karena keramahan, namun kami  berharap dengan terpilihnya anda kembali ,kami bisa hidup lebih layak dan tidak berada dalam kesenjangan yang sangat jauh menjulang.

 

Bapak presiden yang terhormat..

 

Disini saya tidak akan mengungkap tentang rumor politik yang saya sendiri tidak banyak paham tentangnya,tentang mafia pajak yang ‘katanya’ hanya mendapat hukuman 7tahun penjara,padahal uang rakyat yang telah di ‘makannya’ bernilai ratusan milyar?tentang para mafia anggaran negara yang ‘katanya’  Bukannya sibuk  membicarakan persoalan rakyat sebagai fokusnya, malah memunculkan tuntutan kenaikan gaji dan tuntutan agar mereka diperlakukan sebagai pejabat negara. Padahal Mestinya mereka sadar selama ini pembangunan tidak berjalan baik karena uang negara yang dialokasikan lebih pada upaya memenuhi syahwat aparat negara ketimbang menolong rakyat yang sedang sekarat dilanda kelaparan dan bencana alam . Sebagian anggaran negara kita terkuras untuk belanja rutin (membiayai birokrasi yang ujung-ujungnya korup).untuk anggaran rutin, mulai anggaran belanja pegawai, tunjangan, pengadaan fasilitas, hingga perjalanan dinas. .. ?  tentang kasus Century yang saya pribadi juga kurang paham akan hal ini..

 

Aahh..

Terlalu berat agaknya apa yang baru saja saya ungkap diatas,Karena saya adalah orang biasa,dengan cara pandang yang sangat sederhana..kebetulan saja,banyak media yang walau tidak terlalu sering saya buka ,memberitakan sedikit tentang apa yang terjadi pada Indonesia..

 

Bapak Presiden yang saya hormati..

Tidak sekali duakali,beberapa pertanyaan diajukan dari teman dan para kolega di Rumah Sakit tempat saya bekerja mengenai para pekerja wanita (Rumah Tangga) .walaupun ada informasi yang mengatakan bahwa sekarang tidak ada lagi pengiriman PRT untuk negara Saudi Arabia.tapi..kenapa masih banyak juga PRT baru yang berdatangan?? *don’t know*

 

Sebutlah ia dengan ‘marni’(bukan nama sebenarnya),PRT asal Cirebon yang berwajah ayu dan masih muda ini datang ke UGD dengan keluhan kepala dan pipinya bengkak?usut punya usut,ternyata marni (yang baru bekerja selama 1bulan di saudi arabia) ini baru di cabut giginya yang berlubang ,di salah satu Klinik gigi swasta..soo,what is the connection with her bumped head?ckckck..saya kaget ketika pada akhirnya ketahuan bahwa  majikannya yang bete dengan gigi bengkak marni,menimpuk kepala marni dengan batu hingga benjol..alhamdulillah,akhirnya atas permintaan marni sendiri ia pun dipulangkan kembali ke indonesia..sekedar informasi untuk Bapak Presiden yang terhormat,di usia nya yang sangat muda (17thn),kenapa marni bisa lolos syarat untuk menjadi pekerja TKW?tidak adakah aturan ketat dari BP2TKI/PJTKI (whatever .. ) untuk standarisasi usia TKW yang akan dikirim?

 

Lain lagi ceritanya dengan Ibu Asih (bukan nama sebenarnya),wanita tua berusia sekitar 40th ini,baru saja memulai pekerjaannya sebagai PRT di salah satu Petinggi Rumah Sakit tempat saya bekerja,belum lagi hilang rasa lelah setelah perjalanan panjang,ibu Asih mengeluh sering mengalami sesak walau dalam kondisi istirahat..setelah dibawa Check up ternyata ibu Asih di vonis mengalami “Mural Thrombus of the Aorta” (actually i dont know much also about this disease) akhirnya setelah beberapa hari dirawat dengan perawatany ang intensif,Ibu Asih pun dipulangkan..masih teringat kalimat terakhir yang diucapkan Direktur Rumah Sakit saya ketika memulangkannya “better i return her back now,rather than i keep her and return her dead body later!”

 

What a shock,isn’t Sir??

How come this agency passed her in medical check up before they brought her aboard? Bahkan tidak hanya ½ PRT yang juga ditemukan mengidap penyakit Tuberculosis saat mereka datang ke RS untuk pembuatan Iqamah (KTP).

 

Belum lagi saya teringat akan kalimat yang dikatakan oleh salah satu staff Embassy perihal banyaknya persentase korban penyiksaan atau bahkan mayat para pekerja yang harus dipulangkan ke Indonesia,ke keluarganya tanpa mereka tahu penyebab jelas dan bagaimana ceritanya..apa yang harus mereka katakan pada keluarga?padahal begitu besar harapan keluarga pada instansi BP2TKI untuk bisa menjadi pelindung bagi ibu/anak/kakak/adik mereka yang tengah berjuang,bekerja di negeri orang demi perbaikan hidup keluarganya.

 

Bapak Presiden Yang Dirahmati ALLAH..

Sangat disayangkan bahwa ketentuan curhat ini hanya berbatas 3halaman,padahal masih banyak yang ingin saya sampaikan.tentang maraknya film indonesia yang seronok yang bebas bertebaran di bioskop dan layar lebar tanpa sensor,tentang tarif PLN yang terus naik padahal produk batubara di Indonesia mencapai 300 juta ton tiap tahunnya,tentang terbentuknya instansi2 baru dengan embel embel untuk kepentingan negara,yang pembentukannya saja memakan biaya jutaan rupiah,tapi nyaris tidak ada fungsinya (lebih baik kalau anggaran tsb digunakan untuk membangun rumah Tahfidz Qur’an Pak?!)

 

Tapi..rasanya juga tidak adil jika saya terus bercuap dalam tanya,yang mungkin jika Bapak membacanya akan menambah beban pikiran bapak J,saya sadar sepenuhnya menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah,bagaimana pun ini juga adalah KehendakNYA,tidak akan Bapak terpilih jika DIA tidak menghendakinya,maka dari itu Pak..saya minta,berhati hatilah dalam menjaga amanahNYA,jadilah pemimpin yang cerdas Agama,apapun masalahnya kembalikanlah pada Qur’an dan Sunah.

 

Jika mengingat kalimat yang bapak cantumkan dalam “Vission Of Changes’,saya dan semua masyarakat indonesia masih berharap akan janji2 yang Bapak pernah katakan.

“ I have to improve the climate — legal certainties, political stability, law and order, sound tax policies, customs policies, good labor management. I will improve the guarantees to encourage investors to come to Indonesia. “

 

Bismillah Pak,bersama kita berdoa dan berusaha.semoga ke depannya Indonesia menjadi negara yang sejahtera,aman,sentosa.semoga ALLAH meridhoi segala aktifitas Bapak,maaf jika curhat saya kepanjangan..hehehe J

 

“Setiap kamu adalah pengembala dan setiap kamu akan diminta pertanggung jawabannya. Seorang pemimpin adalah pengembala bagi rakyatnya, maka ia akan ditanya tentang apa yang digembalakannya” (HR. Ahmad) 

 

k.s.a

23/11/1432

ba’da ashar

 

Leave a Reply

