Tentang dirimu..

​Saya memanggilnya dengan nama “IIN”, saya lupa siapa nama lengkapnya. Kali pertama saya melihatnya adalah di hari pertama masuk SMP. Saat itu saya yang pemalu, bingung mo cari tempat duduk dimana. Kelihatannya yang lain koq sudah akrab, saling bertegur sapa y? Ditengah kebingungan saya, si cantik bernama Iin ini segera menghampiri saya dan mempersilahkan saya untuk duduk satu kursi dengannya..
Saat itu saya melihat sosok Iin sebagai seorang remaja yang nyaris sempurna. Kebayang kan wajah artis utama pemain film ayat-ayat cinta? Yang pakai cadar itu loh.. Nah Iin tuh nyaris hampir sama air muka nya dengan beliau. Tapi lebih cantik (menurut saya loh :)). Dengan model wajah imut, rambut tebal dan panjang yang selalu dikepang dua, dan kepribadian yang menyenangkan, berhasil membuat sosok Iin menjadi sosok yang di senangi banyak kawan.. Ga cewe, ga cow, semua suka..
Saat liburan pertengahan semester tiba, 2-3x saya sempat main kerumahnya. Kali pertama kesannya biasa saja, layaknya anak-anak remaja pada umumnya, kami habiskan waktu dengan mengerjakan tugas sekolah, ngobrol, lihat tv, makan dll.
Di lain waktu, karena tugas sekolah sudah selesai. Iin sengaja meletakkan banyak buku-buku untuk kita baca. Dan nyaris semua nya tentang buku agama! Tentang hijab, bakti pada orangtua, kisah-kisah rasulullah dan para sahabat tercinta. Saya bengong dong.. (Really that moment i was so illiterate about this thing :'(), biasa baca komik candy2 eh disodorinnya buku2 dengan tulisan yang ga asik banget untuk dibaca (May Allah forgive my past ignorance, aamiin)
Tapi ada..

1 buku yang saat itu menarik perhatian saya (Saya lupa judulnya apa) Tapi buku tersebut menceritakan tentang Gaza, Palestina, penyiksaan para mujahidin . Melihat ketertarikan saya pada buku itu, Iin pun bercerita dengan bahasa nya.. Dia menceritakannya dengan hati, kesedihannya tampak dari ekspresi wajah nya. That moment i realize.. That she is different from other teenagers. 
Setelah liburan usai, kedatangan Iin ke sekolah disambut dengan kondisi yang tidak seperti sebelumnya. Maybe because she change her appareance … Yup, Iin yang biasa hadir dengan kuncir kepang dua nya, yang ceriwis menyapa dan melempar senyum manisnya terhadap siapapun juga, pagi itu ia hadir dengan baju tertutup, rok panjang dan balutan jilbab panjang sepinggang.
Iin sadar ia tengah menjadi pusat perhatian karena perubahannya, maka ia memilih untuk diam sementara. Dan membiarkan semua berjalan mengalir apa adanya..
Kebayang g sih?

Tahun 90an loh

Anak SMP udah pakai pakaian yang super tertutup macam itu

Dengan lalapan makanan buku-buku tentang sejarah islam, tentang Rasulullah, tentang para sahabat.. Tentang kondisi negara Islam yang tengah dijajah. 
Apa itu namanya kalo bukan “sesuatu?”
Sedari remaja atau bahkan mungkin dari kecil, orangtuanya benar-benar sudah mempersiapkan hal ini. 
– Menanamkan anak akan ketaatan kepada Allah dan Rasulullah
– Menanamkan pada anak kepekaan dan rasa kesatuan yang lebih terhadap sesama umat muslim dibelahan dunia mana pun juga..
– Mengajari anak untuk senantiasa menjaga kehormatannya sebagai seorang wanita muslimah
.

.

.

.

.

.

.

.

.
10 tahun berlalu semenjak kelulusan  SMP. Saya sibuk “ngasrama” disebuah asrama sekolah kejuruan, di Jakarta Barat. Dan Iin? Entah .. Ga ada juga kabar beritanya. Kebetulan dulu sulit ya untuk komunikasi, ga ada hp kayak sekarang ini. 
Di tahun 2000an, saya yang saat itu bekerja di salah satu RS kecil perusahaan asing, tepatnya di Sangatta, KalTim secara kebetulan bertemu dengannya di sebuah halte. Ma sya Allah, she really is awesome. Saat itu khimarnya bukan lagi sepinggang, tapi selutut.. Dengan pakaian yang sebegitu tertutupnya pun, ga bikin Iin selamat dari tatapan orang sekitar. Saat itu Iin sedang kuliah jurusan Kedokteran disalah satu Univ terkenal di JakartaBarat.
Dan Itu adalah pertemuan terakhir saya dengan Iin, how i wish i will meet her again someday… 

Leave a Reply

